Sambut Asian Games 2018, Sehat Bersama Kalistenik

Olah raga teratur seperti yang kita ketahui tentu membawa manfaat bagi tubuh. Bukan hanya tubuh menjadi lebih bugar, peredaran darah lancar juga membuat otak kita lebih fresh berpikir. Saya sendiri termasuk yang boleh dibilang jarang berolah raga. Hellooww.. Asian Games 2018 udah di depan mata, masih aja malas berolah raga hehehe.

Kalau sekedar menggerakkan tubuh seperti berjalan kaki dari rumah ke halte bus sih, saya masih sering lakukan. Kendala tiap-tiap orang memang berbeda dalam melakukan kegiatan satu ini.

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik
Coach Aufra

Seperti yang dikatakan Coach Teuku Aufra, pada acara “Ngumpul Sehat Bareng Medialogy” di hari Sabtu (11/8) lalu, kenapa kita seringkali merasa berat untuk melakukan olah raga. Berbagai alasan yang sering ditemui antara lain karena nggak ada waktu, nggak ada peralatannya, mahal, nggak ngerti gerakan-gerakannya, malu, takut angkat yang berat-berat dan lebih ekstrimnya lagi yaitu karena malas gerak.

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Acara yang bertempat di Kolega Co-working Space, Antasari, Jakarta Selatan ini, seperti membangunkan saya dari tidur panjang tentang malasnya bergerak, berolah raga. Kenapa? Karena menurut Coach Aufra, berolahraga itu sebenernya ringan dan murah meriah kok. Yang penting kita niat dan mau konsisten melakukannya. Nah konsistennya itu ya yang kudu usaha banget biar bisa.

Sehat berkat Kalistenik

Seperti olah raga Kalistenik yang telah lama ditekuni Coach Aufra ini. Wah… jenis olah raga apalagi nih, saya sempat bergumam sendiri karena memang nggak tau apa itu Kalistenik.

Kalistenik atau calisthenics adalah bentuk latihan dengan cara memaksimalkan pengunaan berat tubuh kita sendiri dalam proses membentuk otot. Jadi dalam kalistenik ini kita melakukan gerakan olahraga tanpa alat atau minim alat.

Dalam acara ini Coach Aufra meminta kami untuk ikut mempraktekkan beberapa gerakan kalistenik secara sederhana yang tentunya dapat kita lakukan sehari-hari dan dimanapun serta kapanpun. Terkadang gerakan sehari-hari yang kita lakukan seperti menatap layar ponsel itu dapat membuat postur tubuh kita jadi membungkuk.

Di kalistenik ini kami diajarkan untuk melakukan gerakan yang dapat meminimalisir cedera. seperti gerakan mengangkat galon atau mengambil benda yang jatuh di lantai tanpa kita perlu membungkukkan badan, melainkan dengan menekuk sedikit kaki kita.

Seperti olahraga lainnya, dalam kalistenik juga kami diajarkan tahap-tahap pemanasan terlebih dahulu supaya tidak kaget. Gerakan-gerakan kalistenik tersebut dapat dilihat di foto-foto berikut ini.

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Dukung Asian Games 2018

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik
Sesi games

Sesi praktek Kalistenik ini sebelumnya diisi dengan games bersama team Medialogy dan pemaparan singkat tentang Asian Games 2018. Tau donk, bahwa negara kita mendapat kehormatan sebagai tuan rumah di ajang bergengsi 4 tahun sekali ini.

Momen Asian Games ini memang momen olah raga spesial. Indonesia beruntung mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah untuk yang kedua kalinya. Yang pertama kali di tahun 1962 di jaman pemerintahan presiden Soekarno, berlangsung Asian games ke 4.

Asian Games 2018 kali ini termasuk yang unik karena diadakan di dua kota yaitu di Jakarta dan Palembang. Indonesia tidak main-main dalam mempersiapkan momen olahraga spesial ini.

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Pembenahan dilakukan baik itu untuk tempat penyelenggaraannya seperti stadion Gelora Bung Karno (GBK) dan Jakabaring Palembang.

Para atletnya pun juga bersungguh-sungguh mempersiapkan diri agar dapat mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Sebanyak 935 atlet Indonesia dan mengikuti 20 cabang olah raga.

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Keseruan dan trivia-trivia Asian Games 2018 sudah banyak beredar di berbagai media baik media sosial online maupun media offline. Untuk teman-teman bisa lihat juga aneka infonya disini.

Perhelatan akbar 4 tahun sekali ini digelar mulai tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018. Melihat keseruan acara opening ceremony Asian Games 2018 yang berlangsung sukses dan meriah, saya sebagai warga negara Indonesia turut berbangga hati dan juga terharu.

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Semoga perjuangan atlet-atlet kita dalam usaha mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional ini dapat berlangsung lancar. Apapun hasilnya nanti, saya tetap menaruh hormat pada mereka. Bagaimanapun mereka telah berjuang demi bangsa dan negara Indonesia.

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik

Yuuk kita dukung atlet-atlet kita di kancah Asian Games 2018 ini.  Jayalah Indonesiaku!!

Sambut Asian Games 2018 bersama kalistenik
Bersama team Medialogy dan Blogger, Dukung Asian Games 2018

 

Jakarta, 25 Agustus 2018.

HQ

 

 

61 Replies to “Sambut Asian Games 2018, Sehat Bersama Kalistenik”

  1. Waahhh kalistenik ya, Mbk. Baru tau nih aku ada olahraga seperti ini. Gerakannya sederhana dan bisa bgd langsung dipraktekkin trs manfaatnya juga kece ya, Mbk.
    Dah, makasih bgd infonya, nambah pengetahuan baru nih diriku.

  2. Dulu aku sempat rajin kalistenik bareng teman2 lariku. Biar ada gerakan otot lain ceritanya.

    Too bad udah lama nggak “olahraga”, niatnya sih secepatnya. Tapi masih belom boleh sama dokter karena ada masalah sama punggung. Mesti sabar-sabar dulu. Hiks..

  3. Asian Games sudah usai, tapi kemeriahannya masih terasa. Senang banget meski nonton via hp hehe.
    Btw senang ya bisa praktek gerakan2 kalistenik jadi nggak gampang terkilir. Aku beberapa kali kalo harus angkat galon aqua sendiri, sering juga keseleo/salah urat.

  4. angkat galon kalau ndak pada posisi yang bener malah bikin sakit badan ya. Memang semua itu harus didasari dengan gerak badan yang benar

  5. Hihiii iya bener mba, buat kita yg bukan olah ragawan, kadang menggerakkan badan rasanya tuh yaaaa….ampun deh. Tekadnya tak cukup kuat sepertinya 🙂
    Ikut bangga luar biasa deh pada Indonesia. Hebat… penyelenggaran Asian Gamesnya sukses dan seruuuuu…

  6. Hihiii iya bener mba, buat kita yg bukan olah ragawan, kadang menggerakkan badan rasanya tuh yaaaa….ampun deh. Tekadnya tak cukup kuat sepertinya 🙂
    Ikut bangga luar biasa deh pada Indonesia. Hebat… penyelenggaran Asian Gamesnya sukses dan seruuuuu…

  7. Sepertinya kok aku pernah komen di tulisan ini ya? Eh atau di blog org lain ya mbk? Hehe
    Aku baru tau ada gerakan2 yg bisa meminimalisir cedera kyk gini. Cocok buat yg suka exercise tapi yg enggak ngoyo yaaa kyknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *