Review Buku: Perjalanan Satu Dekade HaloBCA dan Menjadi The Best Contact Center in The World

If you want to see how well company operates, look their contact center

Siapa yang ga kenal dengan BCA, salah satu Bank Nasional terbesar di Indonesia. Pernah juga donk telepon ke contact centernya? HaloBCA 1500888, nomer cantik yang kini banyak diingat orang.

Satu Dekade HaloBCA
Satu Dekade HaloBCA

Siapa yang menduga bahwa salah satu atribut yang tidak mengenakkan yang di sandang para pegawai di divisi HaloBCA, salah satunya yaitu sebagai karyawan buangan, kini menjadi salah satu divisi yang naik kelas, menjadi prestigious, membanggakan,

Adalah berkat kiprah dan sepak terjang Wani Sabu, seorang auditor BCA yang dipaksa untuk membenahi keterpurukan HaloBCA. Dengan terpaksa beliau menjalani, melakukan berbagai trial dan error hingga akhirnya menjadi terbiasa (Bab 5, hal.29).

Peluncuran buku Journey to Find Happiness in HaloBCA merupakan apresiasi dari perjalanan satu dekade HaloBCA  2007-2017 yang telah banyak bertransformasi.

Satu Dekade HaloBCA
Wani Sabu dan Armand Hartono di Peluncuran buku HaloBCA

Keputusan Armand Hartono, selaku Deputy President Director of PT Bank Central Asia, Tbk ini menunjuk Wani Sabu untuk memegang HaloBCA tentu tidak main-main dan dengan pertimbangan dan keputusan yang matang. Dengan coaching dari beliau jugalah Wani Sabu banyak mendapat bimbingan dan arahan.

Buku setebal kurang lebih 300 halaman, 19 Bab ini dengan rinci menjelaskan dari awal bagaimana HaloBCA. Dari satu divisi dengan kinerja yang dibilang jelek bahkan oleh Pak Armand sendiri, hingga akhirnya bisa bangkit bahkan berhasil meraih penghargaan sebagai The Best Contact Center in The World.

Di buku ini Wani Sabu dengan gamblang menggambarkan sepak terjangnya, bahkan tips dan rahasia dapur dalam membawa HaloBCA menjadi seperti sekarang ini juga diceritakan detil.

Satu Dekade HaloBCA
Satu Dekade HaloBCA

Kalo mengutip perkataan Pak Armand, yang secara bercanda dikatakan bahwa Ibu Wani Sabu ini mempunyai keberanian atau ‘Wani’ (dalam bahasa Jawa berarti berani), selain itu beliau memiliki Otak (brain), Semangat kerja keras dan Hati yang baik.

Pak Armand yakin beliau sanggup membereskan dan membenahi HaloBCA. Karena yang diharapkan Pak Armand hanya satu yaitu menjadi yang terbaik dari yang terbaik di seluruh dunia.

Satu hal yang saya baru ketahui setelah membaca buku Journey to Find Happines in HaloBCA adalah bahwa spirit bertransformasi yang ada di HaloBCA mengambil spirit dari Elang Jawa. Pantas saja kok maskotnya berupa Elang.

Satu Dekade HaloBCA
Maskot Elang Jawa HaloBCA

Elang Jawa digambarkan sebagai figur binatang yang mampu terbang melawan arus angin, selalu bergerak ke depan, dan selalu beranjak dari zona nyaman. Dalam siklus hidupnya, secara berkala kuku-kuku dan bulu-bulu sayapnya akan berganti dan itu membutuhkan proses yang tidak sebentar dan tentunya menyakitkan  (Hal. 117).

Berbagai gebrakan dilakukan Wani Sabu dalam menjalankan HaloBCA hingga bisa menjadi seperti sekarang. Bongkar pasang team dan berbagai strategi dijalankan.

Beliau yakin HaloBCA dapat tumbuh dengan semangat baru dan terus berinovasi, berpikir strategis dan terus maju untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Siap melakukan transisi, berubah dari satu era baru ke era baru lain.

Proses transformasi HaloBCA selama satu dekade ini banyak membuahkan hasil. Berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri diperoleh HaloBCA, bahkan mendapat pengakuan sebagai the best contact center in the world.

Remarkable people make a remarkable company

Raj Wadhwani, Contact Center World President

Satu Dekade HaloBCA
Peluncuran buku Journey to Find Happiness in HaloBCA

Judul buku: Journey to Find Happiness in HaloBCA – Transformasi Satu Dekade HaloBCA 2007-2017

Penulis : Wani Sabu – Anang YB

Penerbit Grasindo

Editor: Mira R

Penata Isi : POJOK STUDIO

Desain Kover : Dyndha Putri

Terbit : 20018

 

Jakarta, 18 Juli 2018

 

HQ

 

 

34 Replies to “Review Buku: Perjalanan Satu Dekade HaloBCA dan Menjadi The Best Contact Center in The World”

  1. Wah BCA sudah lama banget ya, dan makin sukses. Aku bangga jadinya pernah jadi salah satu karyawannya walau hanya 2 tahun… Sukses terus buat BCA. Makasih sharingnya ya mbak, ngobatin rindu aku sama BCA. Buku nya mupeng punya nih aku mbak… Hihihi

  2. Wow sudah satu dekade…maju terus bca…bca yang selalu inovatif dalam mengerti keinginan custamernya…puas bgt jd nasabahnya apalagi di atm gak ada saldo yg mengendap..kkeeerreenn

  3. Ternyata Bank BCA pernah melalui masa terpuruk juga ya.. padahal Bank BCA skrg sudah sangat bagus fasilitas dan pelayanannya dibanding bank konvensional lainnya, aku sendiri pilih BCA . Dari buku ini kita jadi lebih introspeksi diri lagi bahwa kesuksesan itu butuh perjuangan yg gak gampang dan insyaallah tidak sia2.

  4. widihhhh sudah satu dekade yah lama jugaaa…memang contact centre itu merupakan garda terdepan suatu perusahaan yang melayani publik. citra dan image dari perusahaan pelayanan publik akan terlihat dari Contact Centrenya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *