Percantik Infrastruktur Untuk Asian Games 2018

Euforia Asian Games 2018 yang berlangsung, rasanya membuat semangat kita ikut terpacu. Betapa perjuangan para atlet membela negara dan bangsa di cabang olahraga masing-masing patut diacungi jempol dan diapresiasi oleh kita semua.

Sebagai warga negara Indonesia, khususnya Jakarta saya sangat bangga sekaligus terharu. Salut dengan jajaran panitia Asian Games 2018 yang bekerja keras terwujudnya perhelatan akbar ini. Persiapan dilakukan bukan dalam hitungan bulan, bahkan sejak 4 tahun lalu ketika Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Asia Games 2018.

Bukan hanya para atlet yang digembleng berlatih agar bisa memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negeri tercinta. Dari segi infrastruktur seperti venue dan juga transportasi untuk para atlet juga disiapkan dengan matang.

Pembangunan Infrastruktur untuk Asian Games 2018
GBK sekarang ini

Teman-teman pasti sudah melihat upacara pembukaannya donk? Kalian pasti tahu pasti dimana lokasinya. Yup, betul banget, di Gelora Bung Karno (GBK). Stadion kebanggaan Indonesia ini sekarang terlihat semakin megah dan memenuhi standar internasional sebagai tempat terselenggaranya ajang olah raga bergengsi ini.

Stadion GBK untuk Asian Games 2018 ini merupakan kali kedua menjadi tempat berlangsungnya Asian Games. Dimana 56 tahun lalu, tepatnya pada 24 Agustus – 4 September 1962 Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games yang ke 4 dan GBK menjadi tempat berlangsungnya.

Kalau di tahun 1962 ikon infrastruktur dalam penyelenggaraan Asian Games selain yang berkaitan dengan tempat penyelenggaraan olahraga juga infrastruktur lain seperti Semanggi, Sarinah, dan Monumen Selamat Datang.

Begitupula dengan Asian Games 2018 ini yang uniknya adalah, terdapat 2 kota yang terpilih mewakili Indonesia yaitu Jakarta dan Palembang. Jadi bukan hanya Jakarta yang mempercantik diri dalam menyambut momen bersejarah ini tapi juga Palembang.

Stadion Jakabaring di Palembang mempersiapkan venue untuk 10 cabang olahraga (cabor) yaitu voli, boling, kano, sepak bola wanita, roller sport, dayung, sepak takraw, menembak, panjat dinding, thriatlon dan tenis.

Pembangunan Infrastruktur untuk Asian Games 2018
Jakabaring Sport Center

Selain sarana olahraga, tempat peristirahatan para atletpun juga dibangun sesuai standar hotel bintang lima. Rusunami Jakabaring, berlokasi tidak jauh dari stadion Jakabaring mempunyai fasilitas berupa apartemen studio dengan sistem keamanan one gate system.

Tentu kita tidak ingin para atlet kita yang sudah berjuang membela negara tapi mendapat tempat istirahat yang tidak nyaman. Standar internasionalpun diperolah dalam pengadaan wisma atau rusun para atlet ini.

Bahkan jogging track untuk mereka melakukan pemanasan juga tersedia di setiap tower di rusunami Jakabaring ini.

Begitupula halnya dengan sarana transportasi yang menghubungkan satu lokasi pertandingan dengan pertandingan lain. Sarana Light Rail Transit (LRT) pun dibangun untuk mempermudah dan memperlancar aktifitas selama kegiatan Asian Games berlangsung.

Pembangunan Infrastruktur untuk Asian Games 2018
LRT Asian Games 2018

Untuk Palembang, LRT yang ada beroperasi mulai dari bandara Mahmud Badarudin II menuju komplek Jakabaring Sport City yang memiliki 13 stasiun beserta feedernya. Sedang di Jakarta, LRT Vellodrome Rawamangun yang melayani rute stadion balap sepeda Vellodrome menuju Kelapa Gading.

Semua infrastruktur tersebut dibangun tentu bukan dengan main-main. Pemerintah berharap dengan adanya infrastruktur ini, akan menjadi salah satu investasi jangka panjang bagi negara. Selain mempercantik kota juga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

 

 

 

 

 

68 Replies to “Percantik Infrastruktur Untuk Asian Games 2018”

  1. Aku kemarin sempat jalan jalan di apartment atlet sea games dikemayorab. Kebetulan dekat rumah Ibu Ku. Keren banget LRT nya sudah mirip di jepang. Terima Kasih untuk seluruh aspek yang telah mewujudkan infrastruktur Negara Menjadi lebih baik.

  2. Asian Games kali ini bikin nggak bisa lupa. Bagus dan keren banget dari awal sampe akhir. alhamdulillah banget Indonesia banyak dapat medali juga… Infrastructur di Jakarta dan Palembang pun benar2 dipersiapkan dengan baik oleh pemerintah. Salut!!

  3. Senang deh sekarang Pemda Jakarta semakin memperhatikan sarana transportasi nya. Semoga ke depan menjadi Jakarta yang lebih baik lagi dalam hal infrastruktur nya

  4. Alhamdulillah ikut euforia Asian Games di GBK. Sengaja kami dari Tangerang naik kereta Bandara trus nyambung ke GBK untuk berada di tengah tengah perhelatan besar bangsa Indonesia. Sayang ndak bisa masuk karena penuh banget dan berencana pingin nyoba masuk ke area GBK lagi untuk lari pagi gitu.

  5. Iya mbk, aku bangga banget sama perhelatan kemarin, mulai dr opening ceremony, atlet2nya, panitianya, relawannya, semuamuanya dah. Acara tv yang ditungguin setiap hari juga ya itu, pertandingan2 asian games.
    Dan alhamdulillahnya juga, dampak positif dr perhelatan ini, adalah Indonesia jadi punya infrastruktur yg makin kece, venue2 olahraga dan sebagainya yang makin oke, mantab dah.

  6. Penasaran banget kenapa namanya Jakabaring, Mungkin Mak Hida tau alasannya? Atau jangan jangan lokasinya namanya Jakabaring ya? Lalalala.

    Semoga infrastruktur yang sudah terbangun dengan baik ini seterusnya memberikan manfaat untuk lapisan masyarakat (terutama para atlit) ya, aamiin

    Ngiler banget pengen datengin satu satu, apa daya masih sekedar impian >,<

  7. Seneng banget Asian games bisa sesukses itu ya, bangga rasanya apalagi kemarin Indonesia meraih medali emas yang cukup banyak. Btw semoga aku bisa ngerasain LRT di Palembang juga ga hanya LRT di jakarta aja hehe.

  8. Instfraktuktur asian games , setahu mpo hanya beberapa bulan karena indonesia mengambil dari vietman yang tidak sanggup menjadi tuan rumah.

    Sistem kebut, terencana agar hasil nya maksimal, walaupun ternodai oleh kasus suap yang penjarakan naranuzin sang politikus partai demokrat dalam mengurusi jakabaring.

    Alhamdullilah berjalan dengan lancar.

  9. Luar biasa untuk tim yang sudah bekerja keras mempercantik infrastruktur menjadikan asian game terselenggara dengan lancar. Semoga setelah selesainya perhelatan asian game, masyarakat sekitar tetap dapat merasakan kemudahan infrastrukturnya terutama LRT

  10. Pembangunan infrastruktur demi sukseskan Asian Games 2018 luar biasa emang. Jakarta dan Palembang jadi makin cantik. Trus ajang olahraganya pun luar biasa karena Indonesia banyak meraih medali. Bangga jadi Indonesia

  11. Lihat acaranya di tv aja udah berdecak kagum apalagi yang bisa kunjungi kesana ya mba semuanya serba support untuk AG kemarin semoga next bisa jadi tuan rumah lagi Indonesia

  12. Alhamdulillah perhelatan Asian games yang telah berlalu mewarisi tak hanya semangat para juara, tetapi juga pembangunan fisik moda dan fasilitas penginapan atlet di sekitar stadion olahraga. Ini adalah aset negara yang harus dijaga dan dipelihara.

  13. Kota tempat saya dibesarkan juga jadi cantik mba gegara Asian Games, jadi ada LRT memang sih tidak mengurangi kemacetan secara signifikan tapi tetep aja bangga, heheh…

  14. Ajang 4 tahunan yang ueforianya nggak ada matinya. Dari kota ampe pelosok gang gang ada atribut Asian Games. Infrastruktur yang nggak main2 juga udah ada. Kita nikmati aja ini semua dan jadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *