MNC Vision Bukan yang Lain Hadirkan Sound Dolby yang Lain Dari yang Lain

Nonton film termasuk salah satu hobi saya. Pengennya bisa nonton di rumah bareng anak-anak. Tapi kan suasana dan sensasi nonton TV yang ada di rumah tuh ga seperti kalo kita nonton di bioskop. Yah, maklum aja.. channel TV yang ada dirumah saya cuma ada TV lokal dan suaranya pun standar aja.

Beda lho kalo kita nonton di bioskop, bukan hanya filmnya yang bagus (walau kadang ga bagus juga hehehe), selain suasananya juga efek suara yang ditimbulkan tuh menggelegar dan kita seperti dibawa kedalam film yang kita tonton. Efek suara yang menggelegar dan jernih itu ternyata efek sound Dolby yang mampu mengantarkan efek suara seperti aslinya.

MNC Vision Bukan yang Lain
MNC Vision Bukan yang Lain

Ngomong-ngomong soal sound Dolby, ternyata dapat kita nikmati di salah satu layanan TV kabel yang ada di Indonesia. Indovision, yang kini dikenal dengan nama MNC Vision, Bukan yang Lain adalah satu-satunya layanan TV kabel yang menghadirkan efek sound Dolby di channelnya dan yang tahan di segala cuaca.

MNC Vision, Bukan yang Lain

MNC Vision (PT. MNC Sky Vision, Tbk) merupakan pelopor dalam industri televisi berlangganan di Indonesia. Berganti nama menjadi MNC Vision sejak Desember 2017 dari nama Indovision. MNC Vision, Bukan yang Lain menghadirkan 140 channels dengan 32 channels eksklusif termasuk 19 saluran lokal MNC Channels.

MNC Vision Bukan yang Lain
Gedung MNC Vision, Bukan yang Lain

MNC Vision berhasil menembus 70% penetrasi pasar baik pelanggan satelit maupun kabel. Bahkan dengan komitmennya sebagai seamless home entertainment pay TV platform, MNC Vision, Bukan yang Lain memberikan nilai tambah bagi pelanggannya dengan kenyamanan menikmati tayangan TV favorit dimanapun dan kapanpun melalui MNC Vision Plus.

MNC Vision Bukan yang Lain
Ibu Ramadhani, representative MNC Vision Bukan yang Lain

Sebagai leading service for excellent, MNC mempunyai kelebihan antara lain:

  • Satelit frekuensi S-Band yang tahan dengan segala cuaca
  • Multi decoder
  • High Definition, kualitas gambar super tajam dalam tayangan MNC Vision
  • Dolby audio yang memberi efek seperti sound di bioskop
  • Parental lock, memberi sistem keamanan bagi anak-anak supaya tidak menonton film yang bukan untuk usianya
  • Electronic program guide
  • Super bundle, paket penawaran TV berlangganan dan internet super cepat yang bekerja sama dengan Indosat dan XL Axiata
  • MNC Vision plus yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui aplikasi MNC Now

Blogger Tour to MNC Vision

Beruntung sekali pada hari Sabtu  (7/7) lalu, saya dan rekan blogger lainnya mendapat kesempatan untuk melakukan tour keliling kantor dan ruang operasional MNC Vision. Gedung MNC Vsion yang berada di area Kedoya, Green Garden ini menempati lahan sendiri.

Berawal dari mengunjungi Walk In Center (WIC) yang berada di area lobby gedung MNC Vision. Di WIC ini pelanggan bisa mendapatkan informasi mengenai pendaftaran dan informasi lainnya. Waktu operasional mereka dibuka dari Senin – Sabtu, jam 09.00-18.00.

MNC Vision Bukan yang Lain
Antenna Farm di MNC Vision Bukan yang Lain

Bergerak menuju luar gedung, kami di bawa menuju Antenna Farm (Kebun Parabola). Antenna Farm tersebut merupakan suatu area dimana terdapat berbagai bentuk antenna yang fungsinya sebagai penerima dan pemancar berbagai siaran yang ada di MNC Vision ke para pelanggannya.

MNC Vision Bukan yang Lain
MNC Vision Bukan yang Lain

Antenna Farm yang berada di Ground Station ini merupakan sistem komunikasi dengan menggunakan satelit. Antenna yang berada di Ground Station ini dijaga ketat dan berfungsi selama 24 jam. Terdapat 2 buah antenna besar yang berfungsi sebagai receiver, dan 34 antena kecil lainnya yang berfungsi sebagai transmitter.

Hal inilah yang membedakan MNC Vision dengan TV berlangganan lainnya, karena MNC Vision, Bukan yang Lain menggunakan channel S-Band yang tahan di segala cuaca.

MNC Vision Bukan yang Lain
Customer Service di MNC Vision, Bukan yang Lain

Setelah mengunjungi Antenna Farm, kamipun bergerak menuju Broadcast Station yang merupakan tempat Customer Service yang menerima segala bentuk pengaduan (Help Center). Layanan ini beroperasi 24 jam dengan ditangani oleh 64 agents. Pelanggan dapat menghubungi Call Center MNC Vision di 021-21500900 atau melalui www.mncvision.id

MNC Vision Bukan yang Lain
Studio MNC Vision Bukan yang Lain

Berdekatan dengan ruang Broadcast Station yaitu Studio, ada yang berupa Mini Studio dan Grand Studio. Di kedua studio itulah biasanya siaran mini seperti talkshow dilakukan.

MNC Vision Bukan yang Lain
Kameramen ala-ala MNC Vision Bukan yang Lain

Sound Dolby yang Spesial

Selain mengunjungi fasilitas-fasilitas tersebut, kami juga disuguhi dengan sajian tayangan dengan sound Dolby. Seperti yang kita ketahui, apabila kita menonton film di bioskop efek suara yang dihasilkan sangat jernih dan jelas.

MNC Vision, Bukan yang Lain juga mempunyai kualitas audio terbaik. Fitur sound Dolby ini menghadirkan suara super jernih yang memungkinkan pendengar dapat mengenali seluruh dialog bahkan dentuman suara dari berbagai gerakan, seperti angin, derap kaki, pintu.

MNC Vision Bukan yang Lain
Jerry representative Dolby Audio di MNC Vision Bukan yang Lain
MNC Vision Bukan yang Lain
Cherryl representative Dolby Audio di MNC Vision Bukan yang Lain

Hadir Miss Cherryl dan Jen dari Dolby Singapura yang memberikan penjelasan tentang Dolby. Keunggulan Dolby seperti surround sound, automatic volume control memberikan kualitas audio terbaik dan sensasi menonton terasa lebih realistis.

Berbicara tentang Dolby audio, acara media tour MNC Vision ini juga menghadirkan mas Khilmawan Santosa aka Kiki, owner dan sound engineer dari Crossfade Erkata yang bergerak di bidang film sound and audio post production.

MNC Vision Bukan yang Lain
Mas Kiki, owner Crossfade Erkata di MNC Vision Bukan yang Lain

Mas Kiki menceritakan mengenai proses sound dan audio production pada suatu film. ternyata membuat efek suara dalam film itu banyak membutuhkan berbagai ornamen dan properti agar tercipta suara seperti yang diinginkan. Misalnya saja efek suara pintu berderit yang dihasilkan dari kursi kayu yang digerakkan. Atau angin berdesir dari gesekan daun-daunan.

Studio Crossfade yang dimiliki mas Kiki merupakan studio pertama dan satu-satunya yang mendapatkan label Dolby Audio asli. Bukan hal yang mudah untuk mendapatkan label tersebut. Berbagai prosedur dan kelengkapan studio berusaha disediakan oleh mas Kiki agar studionya layak dan lolos uji Dolby Audio.

Dari pengalaman mengikuti rangkaian media tour MNC Vision dan menyaksikan langsung efek sound Dolby di tayangan MNC Vision, saya merasakan sensasi Dolby yang jernih dan memukau. Kualitas super Dolby dapat dinikmati melalui tayangan di MNC Vision yaitu di RCTI, HBO dan FOX Movies. Inilah #CeritaDiMNCVision saya kali ini, Bukan yang Lain. Bagaimana dengan kalian?

 

Jakarta, Juli 2018

 

HQ

 

 

 

 

11 Replies to “MNC Vision Bukan yang Lain Hadirkan Sound Dolby yang Lain Dari yang Lain”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *