Menangkap Euforia Asian Games 2018 dengan Samsung Like A Pro

Momen Asian Games 2018 adalah ajang olahraga bergengsi di Asia. Bangga dan haru rasanya Indonesia dapat menjadi tuan rumah di Asian Games ke 18 tahun ini.

Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung
Siap Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung

Ketika melihat upacara pembukaannya di stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta melalui layar kaca, rasa bangga, haru, senang bercampur menjadi satu. Apalagi yang bisa menyaksikan secara langsung disana ya..

Euforia keharuan dan kebanggaan menyaksikan atlet bertanding di Asian Games 2018 ini saya rasakan juga bersama rekan-rekan blogger dan team dari Viva.co.id pada Selasa (28/8) lalu. Viva.co.id merupakan salah satu media online 1newstainment yang recommended.

Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung
Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung

Pada saat itu kami berkesempatan menangkap momen keseruan laga atlet atletik sekaligus menyimpan momen tersebut melalui gawai Samsung J Series.

Shoot the moment like a Pro

Sebelum kami menuju lokasi yaitu stadion GBK, pihak Viva.co.id memberikan kami tips-tips seputar fotografi berupa mini workshop bersama fotografer mas Syahrino Putama aka Rino. Mengambil tema Mobile Photography Like A Pro, kamipun diperkenankan menggunakan gawai Samsung J Series untuk menangkap euforia laga hari itu.

Kebetulan banget ya, jadi selama menonton pertandingan atletik di GBK nanti, kami bisa sekalian mempraktekkan apa yang tadi mas Rino share ke kami tentang tips-tips fotografi dengan gawai.

Beberapa tips yang dishare mas Rino kali ini yaitu:

  1. Shotlists. Persiapkan list apa saja yang hendak kita tangkap sebagai objek foto kita.
  2. Airplane Mode. Agar tidak terganggu oleh notifikasi dari ponsel kita, gunakan airplane mode. Selain itu juga berguna dalam menghemat batere ponsel.
  3. Lighting. Tentukan pencahayaan dalam mengambil foto, perhatikan dari mana arah datangnya cahaya.
  4. Aksesoris. Agar gambar yang kita tangkap dapat stabil, manfaatkan perlengkapan tambahan seperti tongsis, tipod atau mungkin lensa tambahan.
  5. Aplikasi. Gunakan aplikasi yang ada untuk memaksimalkan hasil foto kita agar lebih tajam dan natural.

Selain tips-tips tersebut diatas, mas Rino juga sempat memberikan tambahan mengenai cara pengambilan gambar yang bisa kita lakukan. Antara lain selain Landscape, Frame in Frame, People dan juga Black and White.

Contoh-contoh fotopun juga ditampilkan mas Rino hingga kami pun dapat lebih mengerti lagi perbedaannya.

Let’s Go to GBK

Waktu berjalan tanpa terasa. Setelah mini workshop selesai digelar, kamipun bergegas menuju area pertandingan, yaitu stadion utama GBK.

Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung
Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung

Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung

Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung

Sebelumnya kami membentuk team yang nantinya di lokasi mengambil momen seru pertandingan. Momen yang kami tangkap nantinya berupa keseruan sepanjang pertandingan dan juga atmosfir di sekitar baik itu di luar GBK dan juga di dalam gedung.

Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung
Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung

Kebetulan sekali saya berduet dengan Kak Dennis. Berjalan menuju stadion utama, kami lihat sudah banyak penonton yang berdatangan menuju area GBK. Masyarakatpun juga turut bergembira menyambut momen langka ini.

Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung
Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung

Rombongan kami bergegas menuju area pertandingan, dan sepanjang perjalanan kami mengambil gambar. Takjub deh dengan penampakan GBK sekarang ini. Pemerintah benar-benar menyiapkan area GBK sebagai tempat yang representatif untuk ajang sekelas Asian Games.

Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung

Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung

Bila di acara pembukaan Asian Games saya hanya bisa melihat melalui layar kaca, namun kali ini saya merasa bersyukur sekali mendapatkan kesempatan melihat langsung salah satu pertandingan yang dilagakan.

Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung
Menangkap euforia Asian Games 2018 dengan Samsung

Bangganya lagi Indonesia berhasil meraih 31 emas di ajang Asian Games 2018 ini, walaupun di cabang atletik yang kami lihat ini Indonesia belum berhasil. Namun dari ajang ini kami belajar tentang sportifitas. Kalah menang adalah hal yang biasa dalam pertandingan, yang penting kalau kalah jangan frustrasi seperti syair dalam theme song Asian Games 2018.

Jakarta, 2 September 2018

HQ

 

 

 

 

76 Replies to “Menangkap Euforia Asian Games 2018 dengan Samsung Like A Pro”

  1. Samsung mah rata2 emang keren kameranya … aku aja Pake ss buat photografi. Aiihh seru deh cekrak cekrek sambil liat euforia Asian games .. tapi sayang aku gak berkesempatan ikut melihat.. hiks

  2. Whuaa tentang Asian Games ya, bicara ini gak ada habisnya. Berkesan banget memang sebagai tuan rumah dan bisa membawa 31 medali emas. Semoga semangat para atlet terus terjaga. Btw cakep bangetttt jepretannya. Samsung keren yaa..

  3. Beruntungnya mba Hida bisa nonton langsung di dalam stadion GBK. aku belum kesamapaian nih. Pasti banyak momen asik yang dicapture kamera handphone ya.

  4. Asian Games ke 18 di Jakarta dan Palembang ini mengingatkan saya kepada Sea Games 2011 yang juga di Jakarta dan Palembang. Saat itu Indosat sebagai sponsor utama memberi kesempatan kepada 8 orang Blogger (6 di Jakarta dan 2 di Palembang) untuk meliput semua pertandingan dengan memberikan ID Card khusus media. Saya dan teman2 meliput sepak bola saat Indonesia bertanding. Secara pribadi saya juga meliput badminton dimana saat itu yang bertanding tunggal putri. Karena mempunyai ID Card media, saya bisa meliput hingga ke pinggir lapangan di belakang papan iklan. Kenapa saya ngotot memaksakan diri medekat ke pinggir lapangan karena saya membawa kamera yang hanya mempunyai lensa standar 18-55mm bawaan kamera. Semua artikel Sea Games saya ada di kompasiana

  5. Asik ya mbak kalau bisa melihat pertandingannya secara langsung.
    Aku pengin banget ajak the boys, tapi apalah daya punya bayik yang gak bisa ditinggal keluar kota 😂
    Jadi seru2an dari tv aja deh 😉 walau nggak bisa foto2 asik kayak dirimu gituuu.. pengiinn. Hahaha

  6. Ahhh.. senangnya bisa ikut lihat lihat langsung penutupannya mba. kemarin aja kebetulan ke jkt mau ke GBK mau jalan-jalan dari sore start dari rumah sampai jam 8malam belum masuk2 GBK, hikssss macet dimna-mana, terpaksa putar arah balik kerumah,, sedihnyaaaa..

  7. Wahh senangnya bisa masuk ikut langsung penutupan yah mba, pengalaman yang membanggakan itu.. kapan lagi cobak bisa ikut eforia asian games…

  8. Mba terima kasih tipsnya. Aku baru tau kalau kita mau foto2 bisa bikin Shotlists. Jadi kita musti siapin list apa saja yang mau kita tangkap sebagai objek foto kita. Selama ini cuma liat jepret kalau bagus pake.

  9. Aku mau ke sini tp pas bentrok ama mau ke Jember. Galo banget Mba. Tapi karena sudah terpilih dalam acara sueger Camp 2018. Akhirnya ke Jember. Alhamdulillah Indonesia juara ya Mba, banyak terharu pas nonton via utube. Nangis juga. Mereka inspiratif.

  10. Asian games kmrn mmg menyisakan kesan luar biasa buat kita ya. Apalagi yang nonton langsung.

    Btw, aku juga lagi nyari hp yang jepretannya bagusss niiihh hehehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *