Membangun Indonesia Bangkit dan Berdaya Ala Generasi Milenials

Berikan aku 10 pemuda , maka akan ku guncang dunia

Anak muda sebagai generasi penerus bangsa, sangat dibutuhkan bagi sebuah Negara begitu pula dengan Negara kita, Indonesia. Kebangkitan bangsa tidak terlepas dari peran serta anak muda, generasi milenials. Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei menjadi momentum para generasim muda untuk kembali merapatkan barisan untuk bersatu dan bergerak bersama dalam membangun negeri.

Tepat sekali kiranya apa yang dikatakan Bapak Proklamator kita, Ir. Soekarno dengan quotenya yang terkenal itu untuk generasi milenials sekarang ini. Generasi milenials sekarang mendapatkan berbagai kemudahan seiring kemajuan jaman dan juga kemajuan teknologi. Namun dengan adanya kemajuan teknologi diharapkan generasi muda tidak hanya duduk berpangku tangan. Mereka dibutuhkan untuk bangkit membangun dan berdaya untuk kemajuan Indonesia.

generasi milenials bangkit dan berdaya
Bapak Kartika Wirdoatmodjo selaku Dirut Bank Mandiri, Ibu Rini M. Soemarno selaku Mentri BUMN, Ibu Siti Choiriana selaku Direktur Consumer Service Telkom

“Identitas dan karakter bangsa telah dirumuskan oleh pendiri bangsa melalui Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika, yang diharapkan menjadi jiwa dan karakter anak muda untuk terus bersatu dan bersinergi membangun bangsa”, ujar ibu Rini M Soemarno, Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI di acara Sharing dan Diskusi Terbuka dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional Indonesia, bertempat di Ice Palace, Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan (23/05). Mengambil tema “Anak Muda Bangkit dan Berdaya Untuk Indonesia, ibu Rini juga menekankan bahwa jati diri dan karakter bangsa yang sebenarnya adalah yang menghargai keberagaman, toleransi terhadap perbedaan, peduli terhadap sesame, dan memiliki empati.

3 CEO Muda yang Bangkit dan Berdaya

 

Menghadirkan 3 CEO muda mewakili generasi milenials sekarang ini, yaitu :

generasi milenials bangkit dan berdaya
William Utomo, founder IDN Media
  • William Utomo, founder dan CEO IDN Media. IDN Media adalah sebuah multi platform (portal berita) yang terbentuk pada Juni 2014. William bersama sang kakak berinisiatif membangun bisnis start up IDN Media ini, walau latar belakang mereka berbeda namun mempunyai satu kesamaan yaitu ingin berbuat sesuatu untuk Indonesia. Itulah sebabnya setelah menyelesaikan kuliahnya William kembali ke Indonesia dan membangun bisnisnya ini. Adapun kelebihan IDN Media dari start up yang lain yaitu dengan menjadikan IDN Media sebagai start up multi platform, interaktif dan juga mobile friendly. Kemajuan dunia teknologi dan digital membuat generasi muda sekarang juga masyarakat pada umumnya lebih banyak berinteraksi dengan menggunakan internet.
generasi milenials bangkit dan berdaya
Adamas Belva, CEO dan Co-Founder Ruangguru
  • Adamas Belva Devara, co-founder dan CEO Ruangguru. Ruangguru adalah sebuah ruang belajar digital yang mewadahi para pelajar yang ingin menimba ilmu secara online. Sekarang ini murid yang terdaftar sudah mencapai 8 juta siswa dan 150 guru. Berawal dari keprihatinan Adamas yang merasa bahwa pendidikan seharusnya dapat terjangkau walaupun jauh di pelosok. Karena pendidikan adalah kunci menuju kesuksesan. Walau bukan berasal dari keluarga yang berkecukupan, tapi semangat untuk belajar dan menempuh cita-cita setinggi langit membara di dada Adamas. Beasiswa yang dia dapatkan menunjukkan kegigihannya. Walaupun kendala masih saja ditemukan, namun Adamas dan rekan-rekannya di Ruangguru terus berusaha, termasuk kendala akses internet bagi para siswa yang jauh dipelosok. Salah satu caranya dengan menggunakan USB yang dibagikan kepada siswa yang kesulitan akan akses internet, jadi tetap bisa belajar melalui USB yang berisi bahan pelajaran.
generasi milenials bangkit dan berdaya
Heni Sri Sundari, founder Smart Farmer Kids in Action
  • Heni Sri Sundari, founder Smart Farmer Kids in Action. Mendengar penuturan Heni tentang perjalanannya dalam merintis Smart Farmer Kids in Action ini tidak terlepas dari latar belakang keluarganya yang sebagai anak seorang petani yang hidup dalam taraf kemiskinan. Asam garam sudahnya hidup yang dijalani Heni selama di desa membuatnya ingin lepas dan berbuat sesuatu untuk masyarakat di sekitarnya. Disaat anak-anak seusianya banyak yang harus menikah muda, Heni justru mempunyai cita-cita setinggi langit. Keinginannya untuk bersekolah sangat kuat, bahkan sampai menjadi TKW ke Hongkong agar dai dapat meneruskan jenjang pendidikannya hingga Sarjana. Berbekal kegigihan dan tekat untuk maju dan bangkit, Heni kembali ke Indonesia dan bertekat membangun negerinya terutama anak-anak yang kurang beruntung dalam menempuh pendidikan. Mengusung campaign Gerakan Anak Petani Cerdas dan Sarjana Masuk Kampung, Heni bersama rekan-rekannya menggalang dana untuk membantu pendidikan anak-anak yang kurang mampu. Berawal dari modal IDR100.000 dengan 15 anak, idenya berjalan hingga kini mencapai 3000 anak yang tersebar dari pulau Jawa hingga Papua. Apa yang Heni dan rekan-rekannya lakukan hanya ingin melakukan sesuatu yang benar yang berguna untuk orang lain, dan bukan melakukan yang mudah.

“Jadikan cita-citamu untuk meraih jalan untuk meraih cita-cita orang lain”

Keberadaan generasi muda dengan bisnisnya membawa angin segar bagi perkembangan usaha di Indonesia. Oleh sebab itu pemerintah dalam hal ini melalui Kementrian BUMN sangat mensupport keberadaan start up- start up yang ada. Bahkan sekelas Telkom juga sangat mendukung, terbukti dengan hadirnya Indigo yang mendukung dan mewadahi anak-anak muda. Terbukti lulusan Indigo banyak yang mendirikan perusahaan-perusahaan start up. Untuk mendekatkan diri dengan generasi milenials yang ingin maju dan berkembang, Telkom juga mendirikan pusat bantuan yang terinspirasi oleh Silicon Valley.

generasi milenials bangkit dan berdaya
Ibu Siti Choiriana, Direktur Consumer Service Telkom

Seperti yang dikatakan ibu Siti Khairiana, selaku Direktur Consumer Service PT Telkom, Indigo sebagai salah satu program inisiatif Telkom Grup untuk mengembangkan industry kreatif digital Indonesia yang mampu memberikan dampak pada percepatan pembangunan dan kesejahteraan Indonesia.

generasi milenials bangkit dan berdaya
Bapak Kartika Wirjoatmodjo, Dirut Bank Mandiri

Begitu pula dengan Bank Mandiri yang juga concern membantu wirausahawan-wirausahawan muda Indonesia dalam membimbing dan membina hingga mendapatkan pendanaan dan berkembang demi kelangsungan usahanya. Hadir Bapak Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri yang mengatakan bahwa justru anak-anak muda inilah yang menjadikan Indonesia maju dengan ide-ide dan kreatifitas mereka.

generasi milenials bangkit dan berdaya
Deklarasi Sinergi Muda Untuk Indonesia

Ayo bangkit generasi muda Indonesia, bangkit dan berdaya untuk Indonesia maju.

39 Replies to “Membangun Indonesia Bangkit dan Berdaya Ala Generasi Milenials”

  1. Salut bagi mereka yang memiliki concern dan perduli terhadap lingkungan sekitar serta memiliki tujuan untuk membangun anak bangsa. Apalagi ada acara seperti ini, semoga semakin banyak yg perduli ya Mba.

    1. Halo Evi…dengan adanya kepedulian pada masyarakat sekitar berarti menandakan generasi kita masih aware ya, masih kritis dan peduli demi Indonesia bangkit dan berdaya.

  2. Generasi muda sekarqng dimudahkan dg semaain canggihnya kedua digital. Salut sama ruangguru (sy tahu ini udh cukup lama) dan inovasi2 digitak bidang pendidikan khususnya. Hehe maklum anak pendidikan XD selain itu emang pendidikan itu penting bgt.. 🙂

  3. Memang perlu menumbuhkan semangat wirausaha tetapi jg harus ada dukungan pemerintah agar dunia usaha bisa berjalan mulus ya. Karena sekarang ini banyak usaha yg lesu akibat kenaikan harga2.

  4. Salut dengan kinerja Bank Mandiri yang sangat concern untuk membantu wirausahawan muda Indonesia. Moga makin banyak wirausaha muda lainnya yang mengikuti jejak sukses mereka ya mbak

  5. Pemuda-pemuda kreatif dan penuh karya! Salut dan sangat menginspirasi. Semoga kemudahan yang didapat oleh anak-anak zaman millennial ini bisa termanfaatkan untuk menebar kebaikan ya…

  6. Generasi muda sekarang semakin cerdas dan kreatif, ada adek sepupu saya juga masih sekolah smp tapi jiwa wirausahanya tinggi. Kata dia juga disekolahnya banyak teman sekolahnya yang jualan juga, ada yang jual hasil kreasinya juga.

  7. MasyAllah Mba yang CEO itu ya keren-keren ya. Tapi yang sering saya dengar itu CEO dari IDN Times. Mungkin karena beliau dari CEO portal media yang terkenal dan suka ada di beranda facebook ya. Jadi, lebih familiar. Semoga generasi mileniall ini semakin berisi. Berharap banget saya

  8. Menggarisbawahi tentang pendidikan di Indonesia, yup… Memang sampai sekarang masih belum merata. Saya bisa berkata begini krn emang pernah terjun langsung ke daerah 3T, terdepan, terluar, tertinggal. Kasihan banget mereka di sana yg punya semangat belajar tinggi namun belum terjangkau akses yg memadai. Semoga ke depannya semakin baik kondisinya yah…

  9. luar biasa anak muda indonesia seperti contoh di atas
    semoga makin banyak lahir generasi muda yang makin semangat memajukan bangsa ini
    mari kita bersama mensupport mereka
    bahkan klu bisa ikut memberikan konstribusi senada dengan mereka untuk bangsa dan negara ini

  10. Saya suka dengan kehadiran para ceo muda yang mantap mendirikan startup. Dengan begitu kan lowongan pekerjaan terbuka. Semoga semakin banyak startup unicorn untuk Indonesia.

  11. Setuju, masa depan bangsa berada di tangan generasi muda. Itu kenapa anak muda zaman sekarang perlu menggali dan mengasah potensi diri, kemudian berkarya nyata, untuk mewujudkan mimpi sendiri dengan membantu orang lain mewujudkan mimpi mereka

  12. Anak zaman now memang punya lebih banyak kesempatan untuk berkembang dan menggali potensi. Apalagi didukung dengan kecanggihan tekhnologi, rugi rasanya jika tidak memaksimalkan kemampuan. Saya bangga menjadi salah satu nasabah bank Mandiri yanh ternyata peduli dengan perkembangan generasi muda 🙂

  13. Aku selalu salut sama anak muda yang sudah sukses menjadi wirausaha dg memanfaatkan kemajuan tekhnologi. Anak muda kayak gini nih yang patut dicontoh..

  14. Aku seneng banget baca soal anak muda yang bisa membawa perubahan positif untuk Indonesia. Rasanya ademmm. BTW Belva salah satu kakak kelasku di program YLI. Emang keren dan super smart sih cara dia membawa Ruang Guru menjadi salah satu start up sukses!

  15. Wow…salut banget sama ide sosial preneurnya….kok aku selalu mentog ya tak bs seliar itu hehehhe…mba bersyukur banget ya bisa datang ke event tersebut…bisa dapat sharing dari orang-orang hebat

  16. Semangat untuk anak – anak muda. Ternyata banyak sekali ya mba organisasi – organisasi yang mendukung. Termasuk Bank Mandiri yg memudahkan anak – anak muda Indonesia dlm berwirausaha

  17. Iya lah kita harus memajukan generasi muda kita. Karena penerus bangsa kan generasi muda. Dan buka peluang usaha. Keren itu, masih nuda dah jadi ceo

  18. Kok aku jd brebes mili ya baca yg gerakan anak petani cerdas😭
    Kayaknya memang dari 0 banget ya jadi bener-bener berjuang sampe sukses tuh rasanya ngena bgt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *