Cinta Terencana Bantu Wujudkan Keluarga Berkualitas

Membangun sebuah keluarga ibarat menanam benih tanaman, yang selain harus pandai merawat dan menjaga juga mampu menyiramnya dengan cinta dan kasih sayang. Keluarga yang berkualitas dapat terbentuk salah satunya dengan pondasi cinta yang kuat, cinta yang terencana.

Seperti halnya kita hendak membeli suatu barang, misal sebut saja kita hendak membeli rumah. Tentu kita sudah merencanakan jauh-jauh hari bentuk rumah seperti apa, luasnya berapa, lokasinya dimana. Begitu juga dengan membangun keluarga, semua harus direncanakan matang-matang bukan hanya karena faktor kepepet seperti takut dibilang perawan tualah, takut ga laku lah atau bahkan yang ekstrim lagi menikah hanya untuk melampiaskan balas dendam.

Arti Keluarga

cinta terencana wujudkan keluarga berkualitas
dr.Roslina Verauli, M.Psi

Cinta terencana dalam keluarga mutlak diperlukan, seperti yang dipaparkan psikolog cantik yang juga berkecimpung di dunia artis, dr. Roslina Verauli, M.Psi,  keluarga itu merupakan kumpulan dari beberapa orang yaitu ayah,ibu dan anak. Diantara mereka terjalin cinta terencana dan interaksi saling membutuhkan. Ketimpangan komunikasi diantara anggota keluarga dapat membuat fungsi keluarga menjadi hancur berantakan.

Dalam acara temu blogger yang diadakan oleh Blogger Plus Community dihadiri langsung oleh foundernya Resi G Prasasti bersama BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana nasional), pada Selasa (15/5) di Museum Penerangan, Taman Mini Indonesia Indah, juga sebagai pencanangan kampanye Cinta Terencana.

Membangun keluarga dengan cinta terencana membutuhkan berbagai kesiapan, tidak hanya berupa kesiapan mental tapi juga fisik dalam hal ini umur. Dimana untuk perempuan usia ideal untuk membangun keluarga (menikah) yaitu 21 tahun dan laki-laki 25 tahun. Jangan terlalu muda karena hanya dari segi jiwa dan raga belum ada kesiapan. Seperti yang ibu Eka Sulistia Ediningsih, Direktur Bina Ketahanan Remaja BKKBN katakan, bahwa usia muda dalam pernikahan mengandung resiko. Kesiapan fisik dan mental masih dipertanyakan, belum lagi kemampuan mereka memecahkan masalah dan keterlibatan orang tua.

cinta terencana wujudkan keluarga berkualitas
ibu Eka Sulistia Ediningsih, Direktur Bina Ketahanan Remaja, BKKBN

Cinta Terencana dan Peran BKKBN

Cinta terencana dalam membangun keluarga penting dilakukan. Cinta sebagai pondasi dalam membangun keluarga,terutama cinta terencana berarti cinta yang hadir dengan kesadaran masing-masing, adanya saling mengerti dan memahami peran masing-masing dalam keluarga yang akan mereka bentuk. Disinilah BKKBN berperan serta mengedukasi masyarakat akan pentingya cinta terencana dalam keluarga.

Menyambut Hari Keluarga Nasional pada tanggal 29 Juni nanti, BKKBN mengkampanyekan Cinta Terencana dalam keluarga agar menjadi branding awareness masyarakat. Cinta terencana dalam keluarga tidak hanya berdampak pada keluarga berkualitas yang terbentuk tapi juga sebagai pondasi suatu negara. Karena negara yang kuat berawal dari keluarga yang berkualitas.

Peran serta masyarakat sangat diperlukan agar tidak ada lagi pernikahan-pernikahan dini dengan berbagai alasan. Pentingnya cinta terencana tentu harus terus disosialisasikan pada masyarakat. Karena membentuk keluarga itu bukan untuk sehari dua hari atau setahun dua tahun. Kelangsungan dan perkembangan anak sebagai bagian dari keluarga juga harus diperhatikan. Bagaimana bisa keluarga yang berkualitas dapat terbentuk apabila tak ada cinta terencana di dalamnya.

cinta terencana wujudkan keluarga berkualitas

8 fungsi keluarga yang menjadi tolok ukur kualitas keluarga bahagia dengan cinta terencana yaitu :

1. Fungsi Agama
2. Fungsi Sosial Agama
3. Fungsi Cinta dan Kasih Sayang
4. Fungsi Perlindungan
5. Fungsi reproduksi yang matang dan sehat
6. Fungsi sosialisasi dan pendidikan
7. Fungsi Ekonomis
8. Fungsi Pelestarian Lingkungan
Namun ke 8 fungsi tersebut juga harus didukung oleh aspek fleksibilitas, komunikasi dan kedekatan. Ke3 aspektersebut pabila diterapkan dalam keluarga akan menjadikan keluarga menjadi tempat yang paling diimpikan sebagai tempat bernaung, tempat yang penuh cinta hingga generasi yang tumbuhpun akan berkembang dengan maksimal menjadi pribadi-pribadi berkualitas dan berguna bagi nusa dan bangsa.
cinta terencana wujudkan keluarga berkualitas
Cinta Terencana Wujudkan Keluarga Berkualitas

 

 

9 Replies to “Cinta Terencana Bantu Wujudkan Keluarga Berkualitas”

  1. Saya bold soal ini: fleksibilitas, komunikasi dan kedekatan. Bukan hanya di keluarga kayaknya ya Mbak..di komjnitas juga penting kayanya. 😀😅

  2. bener mbak, cinta terencana membuat keluarga lebih baik. saya menikah dengan suami gak pake pacaran mbak, tapi niatnya ingin membina keluarga yang baik, insyaAllah cinta itu lambat laun akan hadir, di awali dengan cinta kepada Allah.

  3. Karena semua berawal dari keluarga, keluarga yang sehat, terencana maka insya Allah ke depannya akan menghasilkan keturunan yang juga baik…ga perlu buru-buru yang penting sudah terencana dengan baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *