Bakso Daging Sapi Asli Ya Bonanza Beef Bakso

Bakso, siapa sih yang gak kenal dengan salah satu jenis makanan ini. Panganan yang umumnya terbuat dari daging sapi, ayam atau ikan yang dihaluskan dan dibuat bola-bola dan direbus. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam proses penyajian bakso, ada yang direbus, dibakar, ditumis, atau digoreng.

Panganan bakso termasuk jenis panganan yang banyak peminatnya dan mudah juga dijumpai pedagangnya, mulai dari pedagang gerobak, kios, restoran, hotel bahkan dalam acara resmi pun kini bakso menjadi salah satu jenis hidangan yang ada. Umumnya jenis bakso yang dijual yaitu jenis bakso daging sapi. Namun sebagai konsumen cerdas, seharusnya kita dapat memilah mana bakso yang memang asli terbuat dari bahan daging sapi, mana yang terlalu banyak campurannya.

Hal itu juga yang menjadi concern saya dalam memilih bakso yang akan saya beli untuk keluarga. Walaupun di pasaran banyak menjual segala jenis bakso, baik dari yang paling murah bahkan sampai yang mahal. Kalau mau hematnya sih, mungkin kita akan memilih jenis bakso yang harganya murah. Tapi apakah kita yakin dengan bahan-bahannya? Namun, bakso yang mahal pun juga belum tentu menunjukkan bahan-bahan berkualitas.

Isu penambahan bahan-bahan kimiawi ke dalam pembuatan bakso juga semakin membuat saya merasa harus lebih berhati-hati lagi dalam membeli bakso di pasaran. Beberapa kali tersiar kabar BPOM mendapati penjual-penjual bakso yang menambahkan bahan-bahan kimiawi seperti boraks,formalin ke dalam bakso yang dijualnya.

bonanza beef bakso daging asli
Ibu Dayu Ariasintawati, Managing Director GGL dan ibu Emilia E. Achmadi, nutritionist

Oleh sebab itu, pada Rabu (9/5 )lalu, saya mendapat kesempatan menghadiri temu blogger bersama Mom Blogger Community sekaligus peluncuran produk Bonanza Beef Bakso, produsen bakso daging sapi asli. Dalam kesempatan itu hadir narasumber ibu Emilia E. Achmadi selaku Ahli Gizi dan ibu Dayu Ariasintawati, selaku Managing Director PT Great Giant Livestock (GGL) yang bertema “Filosofi Bakso” di Kolega Mark Plus, Jakarta Selatan.

Seperti dikatakan ibu Emilia, bahwa kebutuhan nutrisi yang berasal dari daging sapi bagi masyarakat Indonesia masih sangat tinggi. Berdasarkan keterangan Mentri Perdagangan tahun 2017, konsumsi daging sapi Indonesia masih cukup rendah yaitu 2,9 kg/kapita/tahun. Kekhawatiran masyarakat akan penambahan zat-zat bahan pengawet serta pencampuran daging sapi dengan daging lain membuat masyarakat ragu untuk mengkonsumsi bakso yang notabene bahannya adalah daging sapi.

Bonanza Beef Bakso

Itulah sebabnya sebagai konsumen, kita harus cerdas dan teliti dalam memilih produk yang akan dikonsumsi. Bakso daging sapi yang selama ini menjadi makanan favoritpun harus kita cermati bahan-bahan dan pengolahannya. Disinilah PT Great Giant Livestock hadir menjawab keraguan masyarakat sebagai penggemar bakso.

bonanza beef bakso daging asli
Ibu Dayu Ariasintawati, Managing Director GGL Bonanza Beef Bakso

PT GGL dibawah naungan Gunung Sewu yang bergerak di bidang perkebunan, peternakan dan pengolahan buah-buahan dan animal protein menerapkan Sustainable Integrated Farming and Production pada produk-produknya. Dengan visi untuk dapat memberikan alternatif produk terbaik konsumen dari aspek food safety, food traceability,Β dan reliable source.

Bonanza Beef Bakso dalam pemilihan bahannya menggunakan 84% daging sapi yang berasal dari peternakan sendiri yang dirawat dengan menerapkan good farming practice yang menjamin kesejahteraan hewan (animal welfare), keamanan pangan (food safety) dan diproses secara halal dan good manufacturing practice. Tanpa menggunakan tambahan daging lain, bebas pengawet dan dijamin kualitasnya.

bonanza beef bakso daging asli
Bonanza Beef Bakso, bakso daging sapi asli
bonanza beef bakso daging asli
Bonanza Beef Bakso

Pada launching kali ini saya dan mommies blogger lain juga ikut mencicipi bakso Bonanza dengan daging sapi asli ini. Mungkin pada awalnya banyak yang mengira atau berpendapat bahwa bakso Bonanza ini sama dengan bakso-bakso dengan merk dagang lainnya itu. Sayapun mengira begitu, karena saking banyaknya produsen bakso ya.

Bakso yang dihidangkan antara lain berupa bakso bakar, bakso goreng dan bakso kuah. Hhmmm aroma kuah dan baksonya menyeruak ketika saya melihat salah seorang panitia sedang menyiapkan mangkok-mangkok berisi bahan-bahanΒ  pengisi bakso kuah. Untuk harga IDR85.000/bungkus @500gram (berisi kurang lebih 30 butir), menurut saya sangat worth it dengan rasa dan teksturnya.

bonanza beef bakso daging asli
Bonanza Beef Bakso kuah

Bonanza Beef Bakso ini berasa sekali daging sapinya, kenyal dan teksturnya lembut dan berserat karena daging sapi asli bukan kebanyakan tepung, seperti bakso-bakso lain di pasaran. Dan menurut saya, bakso yang terbuat dari daging sapi asli itu padat dan mengenyangkan.

Sepulang dari acara ini, keesokan harinya saya menyempatkan membuat sop bakso. Kalau selama ini saya suka memasak sop sayuran dengan tambahan daging ayam, kali ini saya mencoba dengan memasukkan bakso bonanza. Bumbu yang saya pakai juga cukup sederhana yaitu hanya bawang putih, gula,garam dan lada, serta sedikit kaldu bubuk.

bonanza beef bakso daging asli
Bonanza Beef Bakso bakar

Selain sebagai alternatif menu dirumah, bakso Bonanza ini juga enak dipanggang atau digoreng dan dicocol dengan saos seperti yang sering kita jumpai di pedagang-pedagang makanan. Kebetulan anak-anak saya termasuk pecinta bakso, dengan hadirnya Bonanza Beef Bakso ini, kekhawatiran saya akan bakso yang tidak bermutu tergantikan dengan kehadiran Bonanza Beef Bakso ini.

Untuk teman-teman yang ingin mencoba, dapat membeli Bonanza Beef Bakso di sejumlah ritel modern yang ada di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, seperti di Superindo, Ranch Market, Papaya, Lulu Market dan Market City. Nah mumpung Ramadhan sudah tiba, Bonanza Beef Bakso ini bisa jadi pilihan kita untuk menu sahur dan berbuka puasa lho, selain praktis juga bergizi. Selamat mencoba ya dan jangan lupa share di sini yuk.

 

 

 

 

31 Replies to “Bakso Daging Sapi Asli Ya Bonanza Beef Bakso”

  1. Baksooooo 😍😍 Aku suka! Aku mauuuu! Bonanza bakso daging sapi asli ini kudu aku coba ah. Ada ya di Superindo. Beli yg bnyk ah buat persediaan bikin menu berbuka puasa 😚 85rb yg isi 30 butir hhmm… ga bnyk tepungnya nih ya mb Hida. Mantap deh.

  2. Jadi ada ide buat menu buka puasa nanti bikin bakso bakar buat cemilan setelah iftaar. Asyik ada bakso yang recommended. Makasih mba Hilda sayang udah share. 😘

  3. Bakso tuh enak banget, praktis juga bisa diolah untuk makanan apa aja. Kebetulan suka ngetok bakso di kulkas. Klo anak-anak lapar tinggal rebus atau goreng bakso buat lauk makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *