Belajar Montessori Di Rumah Bersama Montessori Haus Asia

Metode belajar sekarang ini semakin tumbuh dan berkembang, kurikukum pemerintah juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Beberapa kali saya pernah mendengar tentang adanya metode Montessori. Awalnya saya kira Montessori itu adalah sebuah lembaga/institusi pendidikan asing yang ada di Indonesia. Ternyata Montessori adalah sebuah metode belajar yang berasal dari Itali sesuai dengan nama penemunya yaitu Maria Montessori.

Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia
Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia

Apa sih menariknya metode belajar Montessori itu? Nah pertanyaan saya tersebut terjawab ketika saya berkesempatan menghadiri workshop singkat mengenai #MontessoriMadeSimple bersama Montessori Haus Asia. Workshop singkat yang diadakan pada Sabtu (22/7) lalu, digagas oleh Mom Blogger Community.

Workshop singkat Montessori ini diadakan di Gedung Multivision Tower selama kurang lebih 3 jam yang dihadiri oleh anggota Mom Blogger Community. Kedatangan kami disambut hangat oleh Miss Rosalynn selaku Direktur Akademik Montessori Haus Asia dan Mr Allan Ang pendiri Montessori Haus Asia Singapore.

Namun sebelum acara dimulai, kami sempatkan terlebih dahulu untuk menikmati hidangan makan siang persembahan Ayam Gepuk Mpok Oneng yang berlokasi di BSD, Tangerang Selatan.

Belajar Montessori di Rumah bersama Montessori Haus Asia
Ayam Gepuk Mpok Oneng

Hidangan yang terdiri dari nasi, ayam gepuk beserta tahu, tempe dan lalapannya ini semakin lezat ditemani dengan sambel goreng yang rasanya pas dan mak nyus di mulut. Daging ayamnya empuk dan berasa bumbunya.

Selesai hidangan makan siang, kami pun siap mengikuti workshop Montessori persembahan Montessori Haus Asia.

Montessori dan Sejarahnya

Metode Montessori adalah suatu metode pendidikan untuk anak-anak, berdasar pada teori perkembangan anak dari Dr. Maria Montessori, seorang pendidik dari Italia di akhir abad 19 dan awal abad 20. Metode ini diterapkan terutama di pra-sekolah dan sekolah dasar, walaupun ada juga penerapannya sampai jenjang pendidikan menengah (Wikipedia).

Ciri dari metode ini adalah penekanan pada aktivitas pengarahan diri pada anak dan pengamatan klinis dari guru (sering disebut “direktur” atau “pembimbing”).

Metode ini menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar anak dengan tingkat perkembangannya, dan peran aktivitas fisik dalam menyerap konsep akademis dan keterampilan praktik.

Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia
Mr Allan Ang memaparkan tentang Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia

Ciri lainnya adalah adanya penggunaan peralatan otodidak (koreksi diri) untuk memperkenalkan berbagai konsep.

Metode Montessori dimaksudkan agar orang tua dapat membimbing anaknya dirumah sesuai dengan bakat dan minat anak. Itulah sebabnya metode Montessori di rumah menjadi metode yang kini banyak diminati.

Montessori Haus Asia, Montessori For Everyone

Metode Montessori menekankan pada konsep konkret, dimana setiap benda memiliki nama, kegunaan dan tempatnya. Jadi anak belajar untuk berproses sebelum menikmati hasilnya.

Montessori bersama anak dilakukan dengan lebih fun, namun anak menikmati selama proses belajar berlangsung. Juga membuat anak untuk lebih mandiri dan tanggap dalam bertindak.

Montessori Haus Asia adalah metode yang dapat dilakukan oleh semua orang, Montessori for everyone, yang menekankan pada practical life, sensorial, language, maths dan cultural. Dimana metode belajar yang diberikan dapat membuat orang tua dan juga anak-anak merasa bergairah dan tertarik.

Adalah Mr Allan Ang yang mendirikan Montessori Haus Asia Singapore, yang didirikan untuk membuat dan mengadvokasi lingkungan belajar Montessori. Montessori Haus Asia memiliki serangkaian paket yang lengkap untuk guru, orang tua, sekolah atau pengusaha yang tertarik untuk menerapkan metode Montessori.

Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia
Miss Rosalynn menerangkan Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia

Montessori sendiri untuk di Indonesia sudah ada Jakarta Montessori yang diwakili oleh Miss Rosalynn yang mendirikan Montessori Haus Asia Indonesia sejak tahun 2017 lalu.

Dengan berpedoman pada Semangat untuk mengubah kehidupan melalui pendidikan berkualitas, Kerja tim yang menjadi kunci pertumbuhan, Kerja keras menjadi dasar kesuksesan, Inovasi dan kepemilikan individu yang didorong dan dihargai komitmennya terhadap penelitian dan pengembangan serta pentingnya Kepuasan dan kesuksesan mitra.

Bagi Montessori Haus Asia, pengalaman penting dan Montessori adalah gaya hidup untuk memfasilitasi gaya hidup bersama Montessori dimana #MontessoriMadeSimple.

Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia
Suasana Workshop Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia

Workshop singkat Montessori hari itu juga diisi dengan mempraktekan salah satu metode berupa berhitung dengan menggunakan alat bantu, yang berupa balok kayu. Dengan alat bantu tersebut kami diajarkan untuk membantu anak memecahkan soal berhitung dengan bentuk nyata yang memudahkan anak mempelajari proses atau caranya.

Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia
Game Montessori dari Montessori Haus Asia

Selain mengunjungi kantornya yang menempati Gedung Multivision Tower lantai 25, Montessori Haus Asia juga dapat kita kunjungi di akun Instagramnya @montessorihausasia dan di websitenya di www.montessorihausasia.com.

Nah workshop singkat Montessori kemarin itu semakin lengkap, selain ilmu yang kami dapat, juga karena tempat workshopnya yang cozy dan nyaman. Selain itu kami juga mendapatkan tambahan informasi mengenai manfaat probiotik dan makanan sehat.

Interlac, teman baik ususmu

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat hidup disaluran cerna dan memegang peranan penting dalam kesehatan dan pencegahan penyakit pada manusia.

Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia
Interlac probiotik

Probiotik pada Interlac adalah pendamping antibiotik untuk mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam saluran cerna dan mengurangi efek samping dari antibiotik. Interlac mengandung Lactobacillus reuteri Protectis, strain probiotik dari BioGaia, perusahaan Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics.

Interlac probiotik terdiri dalam kemasan drops, sachet, dan tablet kunyah dengan varian rasa strawberry dan lemon. Jadi selain mengkonsumsi Interlac probiotik, disarankan juga kita mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Salah satunya yang mengandung serat dari biji-bijian seperti D’Granola.

D’Granola

D’Granola adalah cemilan sehat yang terdiri dari aneka biji-bijian, seperti biji labu, biji bunga matahari, raisin, cranberry, kepingan kacang almon, oat yang kesemuanya itu dipanggang dan diproses tanpa menggunakan bahan tambahan seperti pemanis buatan ataupun pengawet.

Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia
D’Granola

Untuk penggemar cemilan sehat, D’Granola bisa jadi alternatif lho apalagi kalo dicampur dengan susu hmm rasanya seperti bubur oat. D’Granola bisa dipesan secara online atau melalui akun instagramnya @healthy.food.partner

Senangnya mendapatkan ilmu yang bermanfaat dari Montessori Haus Asia dan terima kasih untuk Mom Blogger Community yang telah memprakarsai acara ini.

Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia
Workshop Mom Blogger Community Belajar Montessori di rumah bersama Montessori Haus Asia

 

Jakarta, 31 Juli 2018

HQ

 

 

 

One Reply to “Belajar Montessori Di Rumah Bersama Montessori Haus Asia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *