Mudik Sehat, Aman dan Selamat Bersama Kemenkes

Mudik berasal dari kata mulih ke udik yang berarti pulang kampung, menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang sedang merantau di luar kota kelahirannya. Tradisi mudik biasanya dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri atau lebaran. Berbagai persiapan dilakukan dalam rangka melakukan perjalanan mudik yang sehat, aman dan selamat. Berbagai moda transportasi juga banyak digunakan, mulai dari darat, laut dan udara.

mudik sehat, aman, selamat
Mudik Sehat, Aman, Selamat
mudik sehat, aman, selamat
Terminal Kampung Rambutan Mudik Sehat, Aman, Selamat

Ngabuburit Bareng Kemenkes

Dalam rangka mudik Lebaran tahun ini, Kemenkes dan Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat mengadakan Ngabuburit Bareng Kemenkes di terminal Kampung Rambutan pada Selasa (5/6). Ngabuburit kali ini merupakan salah satu cara dan sosialisasi Kemenkes kepada para pemudik agar melakukan mudik yang aman, sehat dan selamat.

mudik sehat, aman, selamat
Ibu Nila F Moeloek beserta jajarannya di acara Ngabuburit Mudik Sehat, Aman, Selamat

Persiapan menjelang mudik haruslah dilakukan sebelumnya, agar perjalanan berjalan dengan lancar. Seperti yang dikatakan ibu Nila F Moeloek, kegiatan mudik yang dilakukan selama perjalanan ke kampung halaman harus memperhatikan beberapa poin. Poin-poin tersebut meliputi poin persiapan, kesehatan dan keselamatan agar mudik sehat, aman dan selamat.

Seperti yang terlihat beberapa hari jelang Lebaran ini, arus mudik mulai terlihat di beberapa titik keberangkatan. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi disarankan untuk memeriksa kelengkapan kendaraannya. Rawannya kecelakaan disebabkan antara lain karena daya konsentrasi pengemudi mulai berkurang. Oleh sebab itu beristirahat setiap 4 jam sekali untuk pengendara mobil sangatlah disarankan untuk menjaga stamina tubuh dan konsentrasi selama berkendaraan agar mudik sehat, aman dan selamat.

Dan untuk yang menggunakan sepeda motor disarankan untuk beristirahat setiap 2 jam sekali. Ibu Nila juga berpesan agar jangan membawa barang-barang yang berlebihan yang pada akhirnya membuat repot dan mengganggu selama perjalanan. Apalagi untuk sepeda motor disarankan untuk tidak dikendarai lebih dari 2 orang, karena akan sangat membahayakan diri sendiri juga pengendara lainnya.

mudik sehat, aman, selamat
Tanya Jawab Pemudik di acara Ngabuburit Mudik Sehat, Aman, Selamat

Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat

Ngabuburit bareng Kemenkes ini juga menjadi ajang tanya jawab ibu Nila dan para pemudik yang diantaranya berasal dari komunitas motor dan juga para pengemudi bus antar kota. Acara santai ini juga diselingi dengan kehadiran band pendukung yang menghibur para pemudik. Beliau berpesan dan memberikan tips mudik yang sehat, aman dan selamat, yaitu:

  1. Pastikan fisik kita sehat dan prima selama di perjalanan
  2. Batasi barang bawaan kita agar nyaman selama di perjalanan
  3. Jangan menerima makanan dan minuman yang diberikan oleh orang yang tidak kita kenal
  4. Konsumsi makanan dan minuman yang bersih dan bergizi
  5. Biasakan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
  6. Bila lelah, manfaatkan waktu di perjalanan untuk istirahat
  7. Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan
  8. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi selama di perjalanan
  9. Gunakan masker dan lindungi diri dari asap, debu dan polusi
  10. Gunakan toilet yang tersedia selama perjalanan untuk BAK/BAB
  11. Buanglah sampah pada tempatnya
  12. Hindari stress dan nikmati perjalanan

Tentu momen bertemu dengan keluarga di kampung halaman menjadi momen yang ditunggu-tunggu untuk kita yang bekerja dan mencari nafkah jauh dari tempat asal. Oleh sebab itu pergunakan momen mudik ini menjadi momen silahturahmi yang berkesan, namun dengan tetap memperhatikan rambu-rambu di jalan dan juga keselamatan penumpang.

Karena rawan kecelakaan di musim mudik sering kali terjadi karena keteledoran pengemudi dan juga penumpang. Sudah menjadi kewajiban bersama antara pengemudi dan penumpang untuk saling mengingatkan selama dalam perjalanan, agar sehat, aman dan selamat sampai tujuan. Selamat menjalankan mudik, semoga selamat sampai di tujuan.

mudik sehat, aman, selamat
Mudik Sehat, Aman, Selamat

19 Replies to “Mudik Sehat, Aman dan Selamat Bersama Kemenkes”

  1. tips mudiknya bagus, tapi saya akan kasih masukan.

    1. untuk poin bullet pada tips mudik di ubah ke numbering (alasannya untuk merubah judul postingan ini nantinya)

    2. judulnya bisa diubah sedikit SEO (artinya biar ada orang nyari via google dan dampak tulisan post ini kerasa manfaatnya buat mereka). contohnya: 10 Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat Bersama Kemenkes (hal ini lebih sering dicari di google dibandingkan yang tidak)

    itu saja saranku.. mau ambil tindakan boleh, mau tidak juga tak apa – apa

  2. Makasih tips mudik sehat dan amannya mbak. Memang mudik itu harus dengan persiapan matang lahir batin ya mbak. Kalau soal mudik naik motor, aku masih sering lihat yang naik bisa lebih dari dua orang. Padahal bahaya ya, tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga bisa membahayakan orang lain juga.

  3. Aaaah aku udah rindu ramadhan, idul fitri dan semua yang berkaitan dgn keduanya. Padahal baru aja keduanya berlalu. Maklum dalam 9 tahun terakhir ini jarang lebaranan bareng keluarga.

  4. tahun ini jumlah kecelakaan saat mudik jauh berkurang daripada tahun2 sebelumnya, sepertinya udah banyak yg sadar mudik itu harus ‘cerdas’ dan aman serta sehat ya mbak hida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *